• Mendesak, Penyusunan Standar dan Pedoman Transportasi Ternak

    Kesejahteraan Hewan di Indonesia sudah diatur oleh Pemerintah melalui UU No. 18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan UU No. 41/2014 tentang Perubahan atas UU No. 18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Tercantum juga dalam PP No. 95/2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan.

  • Dieng Culture Festival: Semangat Melestarikan Domba Batur

    Domba Batur merupakan salah satu sumberdaya genetik yang menjadi aset besar negara Indonesia, dan menjadi tugas bersama untuk menjaga dan melestarikannya, serta mengupayakan pengembangannya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah penyelenggaraan Festival Domba Batur dalam rangkaian Dieng Culture Festival - untuk memotivasi peternak agar memelihara dan mengembangkan domba Batur

  • Persyaratan Penting Penyembelihan Sapi

    Dalam melakukan penyembelihan ternak, harus mengikuti prinsip kesejahteraan hewan (kesrawan) atau animal welfare. Oleh karenanya, penyembelihan harus dilakukan oleh juru sembelih yang memiliki persyaratan tertentu, seperti yang saat ini sedang dirancang menjadi SNI, yakni RASNI 99003-2018.

  • Memetakan Permasalahan Logistik Peternakan

    Metode transportasi yang paling optimum untuk mengangkut ternak hidup seperti ayam, sapi, domba, kambing dengan menggunakan truk, kereta atau kapal laut, atau dengan kontainer yang dibawa oleh truk, kereta atau kapal laut semestinya dengan mempertimbangkan efisiensi biaya, kapasitas pedagang, kualitas produk, kesejahteraan hewan, pencegahan penyakit, dan aspek lingkungan, yakni manajemen limbah dan biaya energi.

  • Manajemen dan Sistem Penjaminan Mutu Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU)

    Sebagai Wujud Nyata Kolaborasi Stakeholder Unggas di Indonesia, telah diselenggarakan Pelatihan FLPI Manajemen dan Sistem Penjaminan Mutu RPHU dan Site Visit ke RPHU” pada tanggal 18 Januari 2018 lalu di Bogor. Pelatihan dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Rudi Afnan, S.Pt, M.ScAgr. “Kegiatan pelatihan dengan peserta yang hadir merupakan wujud nyata kolaborasi FLPI yang diinisiasi pembentukannya oleh Fakultas Peternakan IPB sebagai wadah berbagi ide dan menjalin kerjasama antara pendidikan tinggi, pemerintah,bisnis dan komunitas peternakan khususnya di sektor unggas,"jelas Rudi.