• Persyaratan Penting Penyembelihan Sapi

    Dalam melakukan penyembelihan ternak, harus mengikuti prinsip kesejahteraan hewan (kesrawan) atau animal welfare. Oleh karenanya, penyembelihan harus dilakukan oleh juru sembelih yang memiliki persyaratan tertentu, seperti yang saat ini sedang dirancang menjadi SNI, yakni RASNI 99003-2018.

  • Memetakan Permasalahan Logistik Peternakan

    Metode transportasi yang paling optimum untuk mengangkut ternak hidup seperti ayam, sapi, domba, kambing dengan menggunakan truk, kereta atau kapal laut, atau dengan kontainer yang dibawa oleh truk, kereta atau kapal laut semestinya dengan mempertimbangkan efisiensi biaya, kapasitas pedagang, kualitas produk, kesejahteraan hewan, pencegahan penyakit, dan aspek lingkungan, yakni manajemen limbah dan biaya energi.

  • Manajemen dan Sistem Penjaminan Mutu Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU)

    Sebagai Wujud Nyata Kolaborasi Stakeholder Unggas di Indonesia, telah diselenggarakan Pelatihan FLPI Manajemen dan Sistem Penjaminan Mutu RPHU dan Site Visit ke RPHU” pada tanggal 18 Januari 2018 lalu di Bogor. Pelatihan dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Rudi Afnan, S.Pt, M.ScAgr. “Kegiatan pelatihan dengan peserta yang hadir merupakan wujud nyata kolaborasi FLPI yang diinisiasi pembentukannya oleh Fakultas Peternakan IPB sebagai wadah berbagi ide dan menjalin kerjasama antara pendidikan tinggi, pemerintah,bisnis dan komunitas peternakan khususnya di sektor unggas,"jelas Rudi.

  • Tips Pemberian Pakan Kambing dan Domba

    Biaya paling menentukan dalam suatu usaha peternakan adalah pakan, sehingga efisiensi pakan menjadi mutlak untuk menjadi perhatian utama. Manajemen pemberian pakan yang baik menjadi prioritas yang harus dilakukan agar produktifitas bisa optimal, dan keuntungan pun dapat diraih.

  • Kenali Ragam Daging Ayam di Supermarket

    Belakangan, di supermarket Anda bisa menemukan banyak ayam potong dalam kemasan dengan klaim-klaim tertentu. Ayam dengan klaim fungsional tersebut pada dasarnya adalah ayam yang diternakkan dengan penambahan ‘bahan khusus’ dalam pakannya.