• Jagung Langka, Harga Pakan Ternak Naik Tiga Kali di 2018 Ini

    Karena jagung langka, harga pakan ayam pun mengalami lonjakan hingga tiga kali sepanjang tahun ini dengan total kenaikan berkisar antara Rp 600-800/kg. Salah satu penyebabnya adalah kenaikan harga jagung kering berkadar air 15%, dengan keaikan lebih dari Rp 1.000/kg. Jagung kering itu digunakan sebagai bahan baku produksi pakan ternak.

  • Pentingnya Penjaminan Mutu RPH Ruminansia

    Rumah Potong Hewan (RPH) merupakan unit pelayanan masyarakat dalam penyediaan daging yang aman, sehat, utuh, dan halal, serta berfungsi sebagai sarana untuk melaksanakan pemotongan hewan secara benar, yang sesuai dengan persyaratan kesehatan masyarakat veteriner, kesejahteraan hewan dan syariah agama Islam.

  • Indonesia Kuat dengan Swasembada Pangan

    Swasembada daging sapi hanya dapat dilaksanakan apabila terjadi sinergi antara semua stakeholder. Sisi utama yang harus dibenahi kerjasamanya adalah pemerintah dan lembaga penelitian. Perlu adanya pergantian undang-undang hingga pola pikir untuk menuju ke arah swasembada.

  • Menata Infrastruktur Distribusi Jagung untuk Pakan

    Tantangan sistem logistik saat ini yakni belum tertatanya infrastruktur yang belum bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia, adanya biaya siluman dalam distribusi, regulasi di tingkat daerah yang belum jelas, dan efektifitas sistem logistik yang tercapai, baik dalam hal frekuensi, hubungan perdagangan antar wilayah, maupun biaya.

  • Mendesak, Penyusunan Standar dan Pedoman Transportasi Ternak

    Kesejahteraan Hewan di Indonesia sudah diatur oleh Pemerintah melalui UU No. 18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan UU No. 41/2014 tentang Perubahan atas UU No. 18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Tercantum juga dalam PP No. 95/2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan.